Rabu, Mei 06, 2009

Flu Babi

Belakangan ini kita sering mendengar tentang flu babi. Sebenarnya apa sih flu babi itu? Flu babi adalah influenza yang disebabkan virus orthomyxoviridae yang hidup pada babi.Virus yang menyebabkan wabah flu pada manusia ini berasal dari strain virus Influenza A type H1N1. Virus ini berasal dari gabungan virus flu burung dan flu manusia. Babi dapat menampung virus flu yang berasal dari manusia maupun burung sehingga memungkinkan virus tersebut bertukar gen dan menciptakan galur pandemik.
Kasus flu pada manusia ditemukan di United States, Mexico dan Canada. Virus Flu Babi sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Tahun 1941,jutaan penduduk Eropa dilaporkan tewas akibat penyakit Flu Babi. Namun sekarang, penyakit ini muncul lagi. Walaupun virus itu belum sampai ke Indonesia, namun kita harus tetap waspada.
Nah, bagaimanakah gejala penyakit ini?
Sebenarnya gejala nya mirip dengan influenza yaitu
batuk, demam yang muncul tiba-tiba, tenggorokan sakit, sakit kepala, pilek, kelelahan yang berlebihan dan nyeri otot. Muntah dan diare juga dapat terjadi.
Penularan virus ini yaitu penularan antar manusia melalui materi pernafasan yang dihasilkan pada waktu batuk, bersin atau berbicara.
Agar kita tidak gampang tertular virus ini, ada baiknya kalau kita melalukan berbagai upaya pencegahan seperti:
  • cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air terutama setelah batuk atau bersin.
  • tutup mulut dengan menggunakan tissue bila batuk dan bersin. lalu buang tissuenya ke tempat sampah.
  • hindari kontak dengan orang sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar