Rabu, Mei 13, 2009

Tips Menyaring Informasi

Banjir informasi melanda melalui berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Untuk itu, kita harus pandai-pandai memilah dan memilih informasi yang kita butuhkan dan mengandung nilai kebenaran.

Berikut ini ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam menyaring informasi.
  1. Generalisasi. Informasi yang bersifat menyamaratakan tidak perlu dipercaya. Misalnya. "Para pedagang kaki lima itu orang yang sulit diatur."
  2. Ambigu. Penggunaann kata yang bias juga merupakan tanda informasi yang tidak valid. Misalnya, penggunaan kata seperti "banyak orang" dan "biasanya".
  3. Sumber. Setiap informasi harus jelas sumbernya. Media sering mengawali berita dengan "menurut sumber yang bisa dipercaya" atau "katanya" atau "saya dengar". Informasi yang tidak jelas sumbernya tidak perlu dipercaya.
  4. Opini. Kendati opini adalah pendapat pribadi, tetaplah harus didukung oleh fakta, data, dan argumen yang kuat. Tanpa itu semua, opini tidak memiliki bobot kebenaran.
  5. Integritas. Siapa yang bicara atau sebagai sumber berita perlu dipertimbangkan. Orang bereputasi buruk tidak perlu dipercaya sebagai sumber informasi. Orang yang punya kepentingan pribadi atau golongan juga bukan sumber informasi yang baik.
NB:Teks ini saya peroleh dari pelajaran bahasa Indonesia di sekolah tadi. Kami diberi bacaan ini dan kami berlatih membaca cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar