Rabu, Mei 13, 2009

Kopi Luwak


Sudah pernah mendengar tentang kopi luwak?
Kopi luwak adalah sejenis kopi yang biji kopinya diperoleh dari kotoran luwak. Mengapa begitu? Kopi yang dimakan luwak tentunya adalah kopi yang matangnya pas dan memiliki aroma khusus. Luwak hanya menggemari biji kopi dari buah kopi terbaik. Nah, setelah luwak memakan buah kopi, biji kopi difermentasikan dalam perut luwak dan lalu dibuang bersamaan dengan kotoran.
Kemudian oleh petani, biji kopi diambil dari kotoran luwak, dibersihkan dengan membuang lapisan kulit luar sehingga tersisa biji kopi yang masih utuh yang kemudian dikeringkan menjadi biji kopi luwak.Menurut keyakinan, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial dikalangan para penggemar dan penikmat kopi karena telah melewati fermentasi alami.

Biji kopi luwak ada 2 macam yaitu Robusta dan Arabika.Robusta lebih kecil dan Arabika lebih gepeng bulat memanjang. Kadang petani mencampurkan kedua jenis kopi ini tapi kadang juga memisahkannya. Robusta dan Arabika memiliki rasa yang berbeda.

Kopi luwak sangat terkenal sampai ke luar negeri. Bahkan, di Amerika, harga kopi luwak ini US$100 per 450 gram. Dan di London, kopi Luwak adalah kopi termahal disana karena hanya diproduksi sekitar 200 kg pertahun. Harga kopi luwak di London mencapai 50 poundsterling atau hampir 1 juta rupiah. Wow..

Di Indonesia, kebanyakan petani mengambil biji kopi di pulau Sumatra karena di pulau ini terdapat banyak perkebunan kopi dan juga merupakan habitat luwak. Namun produksi kopi luwak dari tahun ke tahun makin merosot. Hal itu disebabkan karena luwak dianggap sebagai hama oleh sebagian orang, karena luwak bukan hanya memakan kopi, tapi juga buah-buahan lain seperti pepaya, pisang, coklat, dan lain-lain. Cara terbaik untuk melindungi luwak adalah dengan menangkap semua luwak dan melepaskannya pada lahan perkebunan kopi yang luas sehingga luwak bisa berkembang biak dan juga bisa menghasilkan biji kopi terbaik.

Anda ingin mencoba? Kini kopi luwak sudah banyak tersedia di cafe-cafe, tapi masalahnya adalah, belum tentu kopi disana adalah murni kopi luwak. Dengan uang Rp300.000*, anda akan mendapatkan 100gram kopi luwak siap minum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar