Sabtu, April 25, 2009

Masker Wajah

Masker wajah sangat bermanfaat.Selain untuk mempercantik kulit, masker bermanfaat untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Selain itu,bisa juga untuk melancarkan peredaran darah, merangsang sel-sel kulit dan membersihkan wajah secara efektif.Masker wajah ada yang alami dan ada juga yang buatan. Menurutku, lebih baik memakai yang alami karena tidak menimbulkan efek samping dan pastinya ramah terhadap kulit kita. Tapi, kita tidak bisa menggunakan sembarang masker alami. Kita harus tau masker apa yang cocok dengan kulit kita.
Untuk
kulit normal,bisa menggunakan buah-buahan seperti ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat.
Untuk kulit berminyak, bisa menggunakan
jeruk peras, jeruk nipis, dan nanas. Selain buah-buahan kita dapat pula membuat masker dari madu, putih telur atau kuning telur.Bisa juga dengan menggunakan oatmeal.
Untuk kulit kering, bisa menggunakan buah-buahan seperti pisang dan alpukat.

Ini beberapa resep untuk membuat masker alami:
Masker pisang
Hancurkan pisang ambon yang sudah matang, tambahkan minyak zaitun,oleskan pada wajah lalu bilas. Gunakan 1-2 minggu sekali.

Masker Alpukat
Haluskan alpukat,kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat atau air mawar menggunakan kapas. Untuk kulit normal, tambahkan putih telur yang dikocok sebentar. Bagi kulit lembab perlu ditambahkan pula madu (organik bila ada), kemudian aduk rata dengan hancuran daging avokad dan putih telur kocok. Masker alpukat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini ^^

Masker Tomat
Iris tomat lalu irisannya dioles-oleskan ke muka. Atau bisa juga dengan mengoles air perasan tomat ke wajah. Masker tomat ini sangat praktis dan gunanya untuk menghaluskan wajah.

Masker Jeruk Nipis
Digunakan pada wajah yang banyak bintik-bintik hitam.Caranya dengan mengosokkan jeruk nipis ke wajah atau dengan mengoles air perasannya.

Masker Apel
Kupas 1 buah apel lalu rebus hingga lembut. Keluarkan dari air mendidih, dinginkan lalu dihancurkan. Tambahkan 5 sendok teh madu ke dlm adonan dan campurkan. Oleskan masker ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Masker apel ini gunanya untuk menyegarkan kulit wajah.

Masker Pepaya
Masker ini berguna untuk meremajakan lapisan kulit (dermis), mencegah penuaan dini, menetralisir kelembaban kulit. Caranya haluskan pepaya lalu oleskan pada wajah.

Masker Lemon
Tambahkan 1 sendok teh jus lemon pada putih telor yang telah dikocok.Lalu oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit.Bersihkan dengan air mawar atau air hangat.
Untuk kulit kering, campur perasan lemon dengan minyak zaitun dan kuning telur hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Masker Oatmeal&Putih telur
Campur putih telur dan oatmeal hingga membentuk pasta lalu oleskan pada wajah da leher. Biarkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Masker ini cocok untuk kulit berminyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar