Sabtu, April 25, 2009

Pantai Losari


Pantai Losari adalah pantai yang terletak di kota Makassar sebelah barat. Konon, katanya sunset di pantai losari adalah sunset terindah di dunia. Benarkah? Menurutku sih, sunsetnya memang lebih bagus daripada di Bali.Di pantai ini terdapat sebuah anjungan bernama Pelatahan Bahari. Berbentuk setengah lingkaran dengan luas hampir satu hektare. Menyerupai plasa dengan lantai yang bersih. Cukup leluasa bagi anak-anak untuk bermain dan berlari-larian. Sementara para orangtua dan remaja duduk di bangku-bangku beton menikmati semilir angin laut.Sebenarnya ada tiga anjungan yang direncanakan, yaitu Pelataran Bahari, Pelataran Bugis-Makassar, dan Pelataran Toraja Mandar. Seluruhnya dibangun dengan reklamasi. Saat ini baru Pelataran Bahari yang sudah berbentuk. Sementara dua pelataran lainnya masih dalam proses pembangunan.
Waktu paling ideal mengunjungi pantai Losari adalah sore hari antara jam 15.00 hingga jam 21.00.
Dulu,pantai ini dikenal dengan pusat seafood di malam hari, juga terkenal sebagai warung terpanjang di dunia (kurang lebih 1 km).Tetapi sekarang, warung-warung itu sudah dipindahkan ke sebuah tempat di depan rumah walikota Makassar di dekat pantai Losari. Salah satu makanan khas Makassar yang bisa di coba di pantai ini adalah pisang epe. Pisang epe adalah pisang mentah yang dibakar,digepengin, dan dicampur dengan air gula merah. Tapi kita bisa memesan topping seperti coklat, keju, dan lain-lain.Pantai ini langsung dapat diakses dengan jalan utama protokol utama. Diseberang jalan bertumbuhan hotel dengan berbagai kelas. Tetapi sayangnya, dipantai ini kita tidak bisa bermain pasir seperti di Bali karena pantai ini sudah ditanggul. Menurut sebuah artikel di kompas.com, kondisi fisik pantai saat ini sedang mengalami pencemaran akibat sistem drainase kota makassar yang langsung terbuang ke laut, kandungan timbal (Pb) dan kadminium (Cd) sudah mulai mencemari,bahkan pencemaran bakteri e-coli juga sudah mulai mengancam kesehatan manusia. Ditambah lagi dengan rusaknya ekosistem terumbu karang.Selain itu, juga terjadi perubahan morfologi pantai.Abrasi laut konon mengakibatkan fondasi tanggul menjadi bolong2 dan terancam jebol. Selain itu pendangkalan laut sudah mulai menimbulkan adanya daratan baru di sepanjang pantai. Aku juga melihat banyak sampah di air pantainya.
Sayang sekali, padahal sunsetnya bagus tapi pantai itu terancam rusak.
Oh iya, katanya di sini ada Telkom Hotspot , hasil kerjasama pemerintah Makassar dengan dengan PT Telkom Divre VII dalam rangka menyambut 400 tahun Hari Jadi Kota Makassar 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar