Sabtu, April 25, 2009

Hepatitis A

Kira-kira 1 setengah bulan yang lalu, aku sakit hepatitis A. Awalnya aku tidak tahu kalau itu sakit hepatitis A. Aku cuma merasa lemas, tidak enak badan,sakit perut, dan urine berwarna pekat seperti teh.Aku juga merasa kenyang terus dan mual. Aku makan hanya sedikit. Aku kira aku sakit ginjal, aku takut sekali. Tapi suatu hari mamaku menyuruhku periksa darah dan malamnya pun kedokter. Dokter bilang aku sakit hepatitis A. Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyakit ini bisa menular melalui makanan dan minuman.
Gejala penyakit ini antara lain:
-merasa capek, lemas
-perut rasanya sakit dan tidak enak
-demam
-tidak nafsu makan
-diare
-urine berwarna kuning pekat
-mata dan kulit berwarna kuning

Tapi, karena penyakitku belum terlalu parah, kulitku tidak berwarna kuning, hanya saja mataku berwarna kuning.
Kata dokter, aku harus istirahat total dan tidak boleh beraktivitas sama sekali. Karena tiap kali makan aku mual, dokter memberi ku obat mual yang harus diminum setengah jam sebelum makan.

Cara mencegah penyakit ini:
-cuci tangan setelah dari WC, sebelum makan
-jangan menggunakan alat makan dan sikat gigi secara bergantian. Usahakan menggunakan milik pribadi
-imunisasi hepatitis
-jangan terlalu capek
-jangan minum minuman bersoda terlalu banyak
-banyak minum air putih

Biasanya penyakit ini tidak terlalu akut, hanya perlu istirahat untuk memulihkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar